Kepala Dinarspus Kab.Purbalingga mengikuti secara virtual Talk Show tentang Dukungan dan Tantangan Pemerintah Daerah dalam Pembangunan Literasi Masyarakat

Dra. Jiah Palupi Twihantarti, MM – Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakan Kabupaten Purbalingga mengikuti talkshow  secara virtual  yang dilaksanakan oleh Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri bekerjasama dengan Perpustakaan RI pada hari Rabu, 30 Juni 2021 dengan tema “Dukungan dan Tantangan Pemerintah Daerah dalam Pembangunan Literasi Daerah”.

Kegiatan Talk Show dibuka oleh Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri DR.Hari Nur Cahya Murni,M.SI dan menghadirkan narasumber Kepala Perpustakaan Nasional RI Drs.Muhammad Syarif Bando,MM dan Duta Baca Indonesia Heri Hendrayana.

Kesimpulan Materi dari Nara Sumber :

1.Drs.Muhammad Syarif Bando,MM :

  1. Dalam rangka mencapai Sumber Daya Manusia ( SDM ) yang unggul maka persoalan literasi dan perpustakaan tidak dapat diabaikan
  2. Mendorong dilakukannya revisi terhadap Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional agar persoalan literasi tersebut lebih terintegrasi
  3. Perpustakaan Nasional RI sejak Tahun 2019 mendapatkan Dana Alokasi Khusus ( DAK ) untuk pembangunan di daerah,yaitu : 1).Pembangunan Perpustakaan di Kabupaten/Kota sebesar Rp.10.000.000.000; 2).Pembangunan Perpustakaan di Provinsi sebesar Rp.15.000.000.000; 3).Renovasi Gedung Perpustakaan sebesar Rp.2.500.000.000;dan 4).Pengadaan Teknologi & Informasi sebesar Rp.2.500.000.000;Besaran anggaran yang tersedia masih jauh dari usulan DAK Provinsi dan Kabupaten / Kota.
  4. Mendorong Pemerintah Daerah agar mengalokasikan anggaran untuk literasi perpustakaan.

2.DR.Hari Nur Cahya Murni.M.SI :

  1. Pembangunan Sumber Daya Manusia ( SDM ) yang berkualitas merupakan salah satu agenda prioritas nasional Presiden.Hal tersebut tercantum dalam program prioritas RPJMN 2020-2024,yaitu : Peningkatan budaya literasi,inovasi dan kreatifitas bagi terwujudnya masyarakat berpengetahuan dan berkarakter.Oleh karena itu Pemerintah Pusat dan Daerah perlu bersinergi mendorong peran strategis perpustakaan sebagai organisasi publik yang memiliki andil dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.
  2. Komitmen Kepala Daerah diperlukan dalam meningkatkan literasi di daerah karena enam bulan setelah mereka dilantik menjadi Kepala Daerah,mereka harus menetapkan RPJMD dan menempatkan Perpustakaan sebagai instrumen dalam konteks mewujudkan cita-cita UUD 1945 sehingga perpustakaan menjadi salah satu program unggulan.
  3. Negara sudah memprioritaskan pembangunan literasi di dalam UUD 1945,UU Sisdiknas,PP Nomor 48 Tahun 2008 hingga putusan MK menganggarkan 20 % dari total belanja Anggaran Pendidikan,termasuk di dalamnya literasi dan perpustakaan.
  4. Untuk peningkatan literasi,perlu adanya kesadaran masyarakat akan pentingnya literasi.
  5. Bangsa yang maju tidak hanya dibangun dari Sumber Daya Alam ( SDA ) yang melimpah tapi dengan membangun Sumber Daya Manusia ( SDM ) yang literat dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga dapat memenangi persaingan global.

3.Heri Hendrayana “ Gol A Gong “

  1. Apresiasi kepada Perpustakaan Daerah yang sudah direvitalisasi sehingga arsitektur dan interior bangunan menjadi sangat menarik dan berdampak pada meningkatnya masyarakat untuk mengunjungi perpustakaan.
  2. Terkait dengan Sumber Daya Manusia di Perpustakaan agar pemerintah lebih banyak mengakomodir tenaga pustakawan.
  3. Sebagai Duta Baca Indonesia 2021-2025,Gol A Gong membuat Program Indonesia Menulis.Dalam program tersebut,para pemustaka yang datang ke perpustakaan dan mendapat manfaat dari buku yang dibacanya,menuliskan kisah inspiratif mereka.Karya para pemustaka ini akan mewarnai koleksi buku di perpustakaan.

(@Admin Website)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.