KUNJUNGAN KE PERPUSTAKAAN DAERAH

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan ( Dinarspus ) Kabupaten Purbalingga khususnya Bidang Perpustakaan adalah institusi lembaga pemerintah yang memberikan pelayanan publik di bidang perpustakaan, diselenggarakan atas pembelajaran sepanjang hayat dimana fungsi perpustakaan daerah ini adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Pelayanan tersebut  dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan, berkelanjutan dalam memberikan pelayanan secara adil tanpa membedakan faktor-faktor usia, tingkat pendidikan dan status sosial di dalam masyarakat. Pengunjung perpustakaan atau yang kita sebut dengan pemustaka memanfaatkan pelayanan perpustakaan untuk mendapatkan informasi berupa bahan bacaan berupa buku, materi pelajaran, referensi tugas kuliah, referensi skripsi, majalah, koran, laporan pemerintah, undang-undang dan peraturan daerah ataupun informasi lainnya.

Pemustaka yang berkunjung biasanya dari perorangan yang berdomisili / bekerja / bersekolah di sekitar perpustakaan daerah, tetapi ada pula kunjungan-kunjungan spesial dari rombongan di dalam maupun di luar wilayah kecamatan Purbalingga. Sepanjang Tahun 2019 ini perpustakaan mendapatkan kunjungan rombongan diantaranya dari BA Aisiyah Bancar, MI P2A Cendana – Kutasari, SD N 2 Pengadegan, SD N 2 Bumisari, SMP N 1 Rembang, SMA N 1 Purwareja-Klampok, hingga dari rombongan mahasiswa Universitas Sains Al Qurán Wonosobo.

Kunjungan rombongan siswa-siswi sekolah ini memanfaatkan fasilitas koleksi buku materi pelajaran sekolah di Dinarspus untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah di ruang koleksi anak-anak dan ruang koleksi umum. Untuk siswa-siswi TK/ BA maupun PAUD Dinarspus menyediakan ruangan khusus untuk bermain dan membaca. Ruang PAUD/ TK adalah ruangan yang dilengkapi dengan bermacam jenis permainan, puzzle, boneka dan buku-buku bergambar. Ditambah lagi dengan sesi story telling ( dogeng ) dari petugas, para siswa pun sangat senang dan betah berlama-lama. Para siswa-siswi sekolahpun difasilitasi dengan ruang Audio Visual untuk menonton film dokumenter ataupun film konten lokal Kabupaten Purbalingga dan ruang Multimedia untuk siswa yang ingin berselancar di dunia maya, semua fasilitas tersebut bersifat gratis tanpa biaya.

Selain itu para siswa juga difasilitasi untuk membuat Kartu Anggota secara gratis. Untuk pembuatan kartu anggota, pemustaka hanya perlu membawa KTP Purbalingga atau fotocopy Kartu Keluarga bagi yang belum memiliki KTP. Proses pembuatan kartu anggota diawali dengan pengisian formulir anggota dan dilanjutkan dengan foto calon anggota, dan berapa menit kemudian kartu anggota sudah tercetak dan siap dipakai. Dengan kartu anggota tersebut pemustaka dapat meminjam koleksi perpustakaan maksimal sebanyak dua buku dengan jangka waktu peminjaman selama 7 hari.

Berbeda dengan siswa sekolah, rombongan mahasiswa UNSIQ Wonosobo berkunjung ke Dinarspus dalam rangka study tour dan pengajuan kerjasama. Mereka ingin melihat lebih dekat bagaimana penataan ruang koleksi buku dan penggunaannya. Hasil study tour tersebut nantinya akan dipergunakan para mahasiswa tersebut sebagai acuan dalam melaksanakan program kerja KKN mereka di beberap wilayah Kabupaten Purbalingga. Dinarspus juga mendukung program kerja KKN mahasiswa UNSIQ Wonosobo dengan menghadiri permintaan layanan pusling di wilayah KKN. Dalam layanan pusling tersebut, mobil tidak berkunjung ke sekolah seperti biasanya tetapi menjangkau ke desa-desa. Kegiatan masyarakat desa yang diorganisir oleh mahasiswa KKN berkumpul di balai desa, bapak-bapak, ibu-ibu, hingga anak-anak berkumpul menjadi satu untuk membaca koleksi mobil pusling. Pusling menyediakan berbagai macam buku diantaranya buku teknologi tepat guna seperti pertanian, peternakan dan kerajinan. Lalu ada pula buku-buku bergambar, cerita rakyat nusantara, sejarah pahlawan indonesia dan cerita nabi untuk anak-anak. Semua kalangan pun membaca dengan gembira dan antusias.

                                  Bagi warga Purbalingga dan sekitarnya, Ayo berkunjung ke perpustakaan Daerah Purbalingga yang terletak di jantung kota Purbalingga ( Jln. Dipokusumo No 7A Purbalingga).Kami melayani Pemustaka dari jam 08 00 s/d jam 17.00 untuk hari kerja dan dari jam 10.00 s/d jam 14.00 untuk hari Sabtu.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *