MENGENAL PERPUSTAKAAN KELILING DINARSPUS PURBALINGGA

Tanggal 14 September  kita peringati bersama sebagai Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan September dikenal sebagai Bulan Gemar Membaca.  Dari jaman dahulu sampai sekarang artikel-artikel yang muncul di media sebagian besar menyatakan tentang betapa rendahnya minat baca rakyat Indonesia. Kami rasa hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Pengunjung perpustakaan kami atau yang kami sebut dengan PEMUSTAKA sangatlah bervariasi . Dari anak-anak PAUD,TK,SD,SMP,SLTA sampai para manula / pensiunan setiap harinya mengunjungi perpustakaan kami untuk membaca baik buku pelajaran, buku cerita, buku pengetahuan umum ataupun hanya sekedar membaca Koran / majalah. Pemustaka dewasa biasanya membaca di tempat atau dibawa pulang, bahkan dalam satu kunjungan pemustaka anak-anak bisa membaca lebih dari tiga judul buku cerita.

Jadi dari segi apa muncul penilaian Indonesia rendah minat baca ? Kami rasa bahasa yang lebih tepat adalah Indonesia kurang fasilitas buku bacaan. Di desa-desa maupun di sekolah-sekolah masih sangat minim fasilitas buku yang bervariasi  sesuai dengan minat warga maupun siswanya. Sebagai contoh, di sekolah-sekolah Perpustakaan Sekolahnya sebagian besar lebih mengutamakan koleksi buku pelajaran saja. Padahal siswa tentu butuh bacaan-bacaan ringan seperti fiksi sebagai selingan penghilang stress. Andaikan saja semua perpustakaan sekolah juga menyediakan bacaan-bacaan menyegarkan dan tidak monoton bagi siswanya, kami percaya siswa-siswi pun akan berbondong-bondong mengunjungi perpustakaan sekolah.

Dengan semangat memberikan fasilitas bacaan variatif dan menyegarkan kepada anak-anak Purbalingga serta dalam rangka mendekatkan diri pada masyarakat  Purbalingga maka Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Purbalingga mengadakan program layanan MOBIL PERPUSTAKAAN KELILING. Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, khususnya Seksi Layanan dan Pengembangan Minat Baca telah menyediakan layanan Perpustakaan Keliling sejak Tahun 2015. Kami berkeliling dengan agenda menjamah tiap sekolah ( TK, SD, MI, SMP, MTs ) di seluruh pelosok kabupaten Purbalingga demi mewujudkan masyarakat Purbalingga yang gemar membaca.   Tiap tahunnya kami memiliki target mengunjungi semua sekolah di  18 ( delapan belas ) kecamatan di kabupaten Purbalingga. Dari lokasi terdekat yaitu kecamatan Purbalingga hingga lokasi terjauh di kecamatan Karangjambu dan kecamatan Karangmoncol kami kunjungi dengan semangat literasi yang tiada henti

Empat tahun berjalannya layanan Perpustakaan Keliling atau yang lebih sering kami sebut dengan Pusling, kami selalu berusaha meningkatkan kualitas layanan dan kuantitas koleksi buku mobil Pusling. Awalnya kami hanya mempunyai satu armada mobil Pusling dengan jumlah petugas yang terbatas, namun akhirnya pada saat ini kami sudah memiliki tiga armada mobil Pusling dan tambahan petugas. Dengan perkembangan tersebut, kami bisa melayani sekolah-sekolah setiap hari di tiga lokasi berbeda sekaligus. Tiap mobil pusling dilengkapi dengan dua rak penuh buku dengan berbagai variasi tema bacaan dan diawaki oleh tiga orang petugas perpustakaan keliling. Petugas-petugas inilah yang akan memandu jalannya layanan pusling termasuk menyiapkan buku dan mengarahkan anak-anak untuk membaca buku sesuai minat mereka.

Setiap kami membuka lapak mobil Pusling di sekolah-sekolah, animo yang kami terima sangat besar. Anak-anak sangat antusias, lembar demi lembar mereka buka dengan rasa gembira. Tidak heran jika mobil Pusling yang memang diisi dengan berbagai koleksi bacaan cerita dan pengetahuan umum sangat menarik minat baca anak-anak. Para guru pun sangat mendukung kegiatan pusling dan meminta frekuensi kunjungan lebih sering. Respon yang kami terima dari pihak sekolah bahwa pusling sangat bermanfaat untuk membudayakan gerakan gemar membaca dan mendukung gerakan literasi sekolah. Dengan semangat literasi layanan pusling Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Purbalingga akan terus berkeliling seluruh wilayah Purbalingga tanpa kenal lelah. Salam Literasi.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *