PEMBINAAN PERPUSTAKAAN DESA DAN KELURAHAN SEBAGAI UPAYA PEMBUDAYAAN GERAKAN GEMAR MEMBACA DI KABUPATEN PURBALINGGA

Pemerintah Kabupaten Purbalingga melalui Dinas Kearsipan  dan Perpustakaan menargetkan sampai dengan Tahun 2021 semua desa/kelurahan telah memiliki perpustakaan.

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Purbalingga telah menempuh berbagai langkah, diantaranya dengan menerbitkan Perda No 1 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Perpustakaan. Perda telah di sosialisasikan dalam kegiatan workshop di Pendopoo Dipokusumo pada Tanggal 04 Juli 2019. Pasal 14 ayat 1 s.d 3 dalam Perda tersebut mengamanatkan  agar setiap desa/Kelurahan memiliki minimal 1 (satu ) perpustakaan desa/perpustakaan kelurahan (perpusdes/perpuskel).

Sebagai langkah konkret,melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan  ( Dinarpus) Kabupaten Purbalingga melakukan fasilitasi pendampingan pendirian perpusdes serta bintek bagi pengelola perpusdes/perpuskel.

Pada Tahun 2019,melalui program pendampingan pendirian perpusdes/perpuskel, Dinarpus menargetkan melakukan pendampingan pendirian perpustakaan sebanyak 75 untuk desa/kelurahan. Sampai dengan Bulan September 2019 telah diadakan pendampingan sebanyak 54 desa/kelurahan. Dari jumlah 54 itu telah ditindaklanjuti dengan penerbitan Surat Keterangan ( SK) tentang Pendirian Perpustakaan Desa/Kelurahan sebanyak 21 buah.

Kegiatan fasilitasi pendampingan pendirian perpusdes/kel Tahun 2019 dibagi dalam 3 tim,Tim 1 dipimpin  oleh Kepala Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Dra.Jiah Palupi Twihantarti ,MM. Tim 2 dipimpin oleh Kabid perpustakaan Mahmudah S.Pd MM.Sedangkan  Tim 3 dipimpin oleh Sekretaris Dinarpus,Sarjono S.Pd M.Si.

Sebagai tindak lanjut dari pendampingan pendirian perpusdes/kel adalah bintek pengelola perpusdes/kel yang diikuti oleh pengelola perpustakaan desa/kelurahan yang telah didampingi dan dibina perpustakaanya,Bintek telah dilaksanakan pada tanggal 16 dan 17 September 2019 di Lantai 2 Gedung Dinarpus Purbalingga.Bertindak sebagai Narasumber bintek tersebut adalah staf Dinarpus  Teguh Setyawan S.AP dan Mei Ratna Hartanti S.I PUST keduanya merupakan staff Seksi Pembinaan Dan Kerjasama Perpustakaan .Materi yang disampaikan meliputi cara pengolahan bahan pustaka dari Inventarisasi ,Klasifikasi sampai dengan selving (penataan buku di rak sesuai nomer klasifikasi masing-masing) ke rak buku.Banyak peserta bintek yang masih awam dengan  cara mengklasifikasi buku perpustakaan,sehingga kami masih membuka komunikasi apabila setelah bintek ada pengelola perpusdes/kelurahan yang mau belajar lagi cara pengolahan bahan pustaka.Klasifikasi ini bertujuan agar pencarian buku di rak  mudah di temukan. Bintek tersebut di ikuti oleh 108 pengelola perpustakaan desa/kelurahan yang ada di Kabupaten Purbalingga.

Dinarpus berharap melalui kegiatan pendampingan pendirian perpustakaan desa / kelurahan,Pemerintah Desa/Kelurahan akan termotivasi untuk segera memprioritaskan program tersebut dan kami akan siap melakukan pendampingan dan pembinaan untuk pengelolaan perpusdes/perpuskelurahan selanjutnya. Salam Literasi !!!!!!!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *