WORKSHOP KEARSIPAN PENGAWASAN INTERN

Workshop di buka oleh ibu kadin Dra. Jiah Palupi TH, MM

 Berbicara masalah arsip, seperti yaang diamanatkan dalam Undang – Undang  Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan,  Arsip adalah rekaman kegiatan atau peristiwa dari berbagai bentuk dan media sesuai perkembangan IPTEK. Penyelenggaraan kearsipan dilaksanakan dalam rangka penyelamatan dan pelestarian informasi yang terkandung di didalam fisik arsip.Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Purbalingga,Dra.Jiah Palupi Twihantarti,MM saat memberikan sambutan dan membuka secara resmi Kegiatan Bintek Pengawasan Kearsipan Internal di Ruang Rapat Gedung A Setda Kabupaten Purbalingga,Selasa 1 Oktober 2019.

Bintek diikuti oleh 43 orang pengelola arsip OPD yang ada di Kabupaten Purbalingga selama dua hari ( 1 s,d 2 Oktober 2019 ).Lebih lanjut Jiah menyampaikan bahwa pentingnya peran arsip tidak dapat  lepas begitu saja dari perkembangan peradaban manusia dan IPTEK, terutama terkait dengan kemudahan dan kelancaran akses informasi, faktanya saat ini jarak wilayah dapat menjadi dekat walaupun antar benua dan negara. Semua rekaman aktivitas manusia dapat tersaji non stop selama 24 jam tanpa henti. Dunia saat ini ada dalam satu gengaman, PONSEL. Saat ini ponsel bukan saja sekedar kebutuhan tetapi sudah merupakan  pada hampir setiap individu.

Sejalan dengan hal tersebut,menurut Kepala Dinas yang tetap berusaha mengikuti perkembangan IPTEK ini, peran arsip dalam mendukung reformasi birokrasi diharapkan akan mampu merubah mindset atau culture-set para penyelenggara pemerintahan dalam tata kelola kinerja birokrasi sehingga akan terwujud good governance yang bebas KKN. Sedangkan bagi masyarakat pada umumnya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara adalah terwujudnya penyelenggaraan pembangunan yang transparan serta terselamatkannya  aset daerah.Lebih lanjut Jiah mengungkapkan bahwa berdasar amanah Pasal 36 Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009,Lembaga Kearsipan Daerah berkewajiban untuk menyelenggarakan Sosialisasi Kearsipan dalam bentuk dan media apapun,Untuk itu Dinarspus kabupaten Purbalingga menyelenggarakan Binmtek Pengawasan Kearsipan Internal bagi tenaga teknis kearsipan pada 43 OPD.

Tujuan dari penyelenggaraan Bimtek adalah sosialisasi dan pembekalan materi pengawasan internal yang merupakan Program Nasional Kearsipan yang dibuat oleh Arsip Nasional Republik Indonesia ( ANRI ).Berdasarkan Peraturan Kepala ANRI Nomor 43 Tahun 2009 tentang Pedoman Pengawasan,maka kegiatan pengawasan pada Lembaga Kearsipan Daerah baru dimulai pada Tahun 2017,sedangkan bagi Pemerintah Kabupaten/kota wajib melaksanakan Pengawasan Internal pada OPD pada Tahun 2020.

Ruang lingkup Pengawasan Kearsipan Internal meliputi :

  1. Aspek ketaatan terhadap Peraturan Kearsipan
  2. Aspek Pengelolaan Arsip Dinamis
  3. Aspek ketersediaan SDM Kearsipan;dan
  4. Aspek Ketersediaan Sarana Prasarana Arsip.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *